Translate

Minggu, 16 Desember 2012

Gambar Reklame


Gambar Reklame

Gambar reklame merupakan gambar media social ekonomi masyarakat yang berfungsi sebagai alat propaganda bagi pengusaha untk menawarkan hasil produknya kepada konsumen.
Arti reklame sendiri adalah seruan yang berulang-ulang. Kata reklame berasal dari bahasa Latin. Re yang berarti ulang dan Clomo (Clame) yang berarti berseru.
Penggunaan gambar reklame dimaksudkan untuk menarik perhatian orang banyak dan menggugah minat sehingga tertarik kepada barang yang di promosikan melalui reklame.

   A.    Pembagian Reklame
     Reklame dapat dibagi berdasarkan sifat, jenis  dan pemasangannya.

a.     Menurut Sifat dan Jenis

1.      Menurut sifatnya, reklame bisa untuk penerangan, peringatan, perhatian, permintaan, dll.
2.      Menurut jenisnya, reklame terbagi atas : papan reklame, baliho iklan, poster, spanduk, plakas, busur  & pamphlet.

b.     Menurut Pemasangannya

1.      Reklame Luar, dipasang di luar rumah atau luar gedung. Bentuknya llebih bebas disbanding reklame dalam. Ketentuan dalam pembuatannya antara lain, huruf, kata & kalimat harus jelas terbaca serta mudah dimengerti.
Contoh : papan nama, papan reklame, plakat, spanduk & pamphlet.

2.      Reklame Dalam, terdapat di dalam rumah/gedung, seperti took, supermarket, kios & gedung bioskop. Ketentuan dalam pembuatannya harus disesuaikan dengan keadaan dalam gedung, yakni : huruf, kata-kata, kalimat, warna & gambar harus menunjukkan komposisis & kombinasi yang serasi.
Contohnya : reklame dalam TV, majalah, brosur, Koran & slide.

   B.     Ketentuan Pembuatan Gambar Reklame

1)      Proposi gambar, bentuk dan huruf harus seimbang,
2)      Komposisi gambar, garis, bidang, warna & bentuk benda dengan sususnannya harus harmonis,
3)      Warna-warna yang digunakan harus  di sesuikan dengan warna barang yang di reklamekan, bahkan harus persis, terutama bentuk-bentuknya,
4)      Huruf yang digunakan harus jelas, mudah dibaca & diingat, karena tulisan digunakan untuk memperjelas pesan yang akan disampaikan. Dengan demikian tulisan sama pentingnya dengan gambar.

   C.     Gambar Huruf

1.      Sanserif
2.      Inggris Kuno
3.      Serif
4.      Babak

   D.    Etika

1.      Gambar pada reklame sesuai dengan kondisi benda yang sebenarnya.
2.      Penjelasan dalam reklame harus jujur sesuai dengan barang yang di reklamekan berkualitas baik sesuai dengan yang direklamekan.
3.      Usaha mempertahankan kualitas yang telah mendapat pengakuan dari masyarakat perlu ditingkatkan.
4.     Gambar reklame merupakan alat untuk mempromosikan pengakuan hasil usaha setiap produksi dalam atau luar negeri yang beredar dimasyarakat.

   E.     Jenis Reklame

1.       Menurut Media

a.     Reklame Audio, reklame yang hanya dapat didengar. Misalnya, iklan di radio.
b.     Reklame Visual, reklame yang hanya bisa dilihat. Misalnya iklan dalam surat kabar.
c.      Reklame Audio-Visual, reklamae yang dapat didengar dan dilihat. Misalnya iklan di TV.


2.      Menurut Keperluan

a.      Reklame Sosial, reklame yang ditunjukkan untuk kepentingan social, misalnya kampanye kebersihan dan menghemat listrik serta berita sukacita.
b.      Reklame Komersial, reklame yang ditunjukkan untuk kepentingan dagang, misalnya iklan suatu produk, sekolah & tempat wisata.

   F.     Penggunaan Gambar Reklame

1.      Untuk Iklan
2.      Spanduk
3.      Stiker
4.      Artikel
5.      Label
6.      Plakat
7.      Pamplet
8.      Slide

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Please yah Komentarnya :)

Share It

Follow by Email